Pemahaman persaingan bisnis harus di pahami oleh suatu perusahaan tersebut untuk mengetahui hukum persaingan bisnis seperti apa. Berdasarkan landasan, persaingan bisnis merupakan penerangan "praktek monopoli dan persaingan usaha yang tidak sehat" yang tertera di UUD RI no.5 tahun 1999
• Pesaing Potensial
Pesaing kuat yang dapat memperbesar pasarnya seluas mungkin
• Pemasak (supplier)
Menguasai pesaing dengan cara menjadi pusat pemasok kepada perusahaan pesaing. Selain itu menyediakan: bahan baku,jasa,dan tenaga kerja.
• Persaingan antar pelaku usaha dalam suatu industri
Dalam usaha industri, tentu kita akan memiliki pesaing yang sama dalam bidang tersebut. Untuk merebut pelanggan, dapat memaksimalkan harga, tenaga penjualan dan dukungan purna jual.
• Ancaman dari produk subtitusi
Tidak hanya pesaing dengan produk yang sama melainkan pesaing dengan fungsi produk yang sama.
Daya tawar pembeli
Data tawar menawar ditentukan oleh pengaruh tawar menawar dan harga. Pembeli memiliki peran yang penting dalam pendapatan penjualan.
Strategi bisnis untuk mengungguli pesaing
1. Strategi Kepemimpinan Pembiayaan
- pesaing meniru produk
- teknologi yang berubah
- biaya kepemimpinan melapuk
- fokus pada biaya yang lebih murah
2. Strategi Diferensial
- basis diferensial menjadi kurang penting bagi pembeli
- kedekatan biaya mulai menghilang
- fokus diferensiasi mendominasi segmen pasar
3. Strategi Fokus
- sasaran menjadi tidak menarik secara struktur
- peminat dapat menghilang
- perbedaan segmen pasar dengan segmen lain jadi sempit
- dapat memecahkan segmen industri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar